Senin, 03 November 2014

Jenis-Jenis Komputer, Jenis-Jenis Sistem Operasi, Jenis Aplikasi Komputer menurut Environment

Jenis-Jenis Komputer


Komputer digolongkan dalam beberapa sudut pandang, yaitu :
1. Komputer berdasarkan data yang diolah atau cara kerjanya
2. Komputer berdasarkan processornya
3. Komputer berdasarkan penggunaannya

1.     Komputer berdasarkan data yang diolah atau cara kerjanya
a.    ANALOG COMPUTER
http://koreanatccit.files.wordpress.com/2011/09/komputer-analog.jpg?w=300&h=233          Komputer analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, di mana level digital adalah level tegangan tinggi dan rendah, yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari computer analog adalah op-amp (operational amplifier).
         
          Komputer analog digunakan untuk menerima sinyal analog atau mengolah data yang sifatnya berkelanjutan, dan bukan data yang berupa angka atau simbol, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang atau dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian suatu mesin. Komputer ini banyak digunakan pada proses pengendalian pabrik kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk mengatur denyut jantung.

Ciri komputer analog adalah :
·  Data yang diolah merupakan data kualitatif (pengolahan dilakukan atas pulsa kontinyu)
·  Digunakan dalam proses pengawasan suatu pengolahan
·  Bekerja secara kontinyu dan paralel
·  Tidak memerlukan bahasa perantara
·  Mengolah data dalam bentuk fisik
·  Keluaran yang dihasilkan biasanya dalam bentuk gafik atau dial.

Kelebihan komputer analog :
·  Kecocokan dalam pengukuran.
·  Pengolahan data cepat.
·  Merupakan special-purpose komputer.
·  Merepresentasikan besaran yang akan diproses dan yang dihasilkan dalam suatu rentang nilai tertentu yang disesuaikan dengan nilai besarannya.
·  Berdayaguna untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri.

Kekurangan komputer analog :
·  Dalam memproses data kurang tepat
·  Masih kurang bahkan tidak dapat memproses data berupa angka
·  Hanya menyelesaikan suatu masalah yang khusus
·  Memiliki komponen yang berlebihan dan banyak, hingga disebut rumit
·  Tidak terstruktur
·  Tidak multifungsi
·  Daya tenaga yang masuk banyak, sementara daya hasil keluaran tidak seimbang/kurang.


b.    DIGITAL COMPUTER
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya) berupa angka, huruf, tanda baca, dll. Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKBa-lPHxnhujML_scuTiF1IWjnIeWZXao9ixugD_dAIFXMnrMlUAzqOP1QtGdrNft97339hU2oT2nNnyoOLcMiJ9Z0LjcueTyMsDpul7qh2eFU4mqGXbxVkpgqTOp3MIe0L6qWzZIoqY/s200/komputer-digital.jpgKelebihan komputer digital adalah :
·  Memproses data lebih tepat dibanding komputer analog
·  Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses
·  Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai dan menentukan hasilnya, membandingkan elemen nilai yang satu lebihkecil atau sama dengan, atau lebih kecil sama dengan, atau tidak samadengan elemen nilai yang kedua.
·  Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus
·  Output dari komputer digital dapat berupa angka, hurup, grafik maupun gambar

          Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam mengenalkan huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang anda tonton dalam format digital.


c.    HYBRID COMPUTER
http://koreanatccit.files.wordpress.com/2011/09/komputer-hybrid.jpg?w=300&h=188Merupakan computer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif karena merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Komputer ini digunakan untuk aplikasi khusus yang biasanya dipakai pada robot-robot yang pakai sebagai pakerja pada pabrik serta digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien yang pada akhirnya komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan. Kelebihan komputer hybrid lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog. Kekurangan, biasanya dipakai untuk aplikasi khusus

Contoh  komputer hybrid :
·  PC impian : NEC powermate P500 (komputer pertama di indonesia)
·  Alat yang biasanya digunakan didalam kedokteran


2.     Komputer berdasarkan processornya
a.    MAINFRAME COMPUTER
Mainframe                Mainframe merupakan sebuah komputer yang digunakan untuk memproses aplikasi dan data yang besar. Dengan harganya yang sangat mahal dan fungsinya juga untuk mengolah data dan aplikasi yang sangat besar, Komputer Mainframe hanya mampu digunakan oleh perusahaan yang besar pula seperti Pemerintahan dan Bank. Mainframe dapat melayani ratusan dan bahkan ribuan pengguna secara bersamaan. Selain mahal, komputer ini menghabiskan daya listrik yang besar. Kegunaan Mainframe di bidang perbankan adalah untuk transaksi dan dibidang pemerintahan biasanya digunakan untuk sensus, pajak kendaraan, keperluan militer, riset penelitian.

Ciri-ciri Komputer Mainframe :
·  Memiliki Processor lebih dari satu, sehingga memiliki kecepatan proses jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer
·  Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik
·  Dapat mengakses pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan timesharing.

Kelebihan:
1.   Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu.
2.   Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user).
3.   Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
4.   Menggunakan teknologi time sharring.
5.   Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second).

Kekurangan:
1.   Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya.
2.   Harganya sangat mahal.
3.   Interface dengan pengguna masih menggunakan teks.
4.   Kerjanya sangat lama.
5.   Membutuhkan daya listrik yang sangat besar

Komponen Hardware Sistem Mainframe
1.   CPU, pada Mainframe CPU terdiri dari beberapa komponen yaitu ProcessorMemory, dan Channel.
2.   Communication Device, yaitu alat/perangkat yang digunakan dalam sistem jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan dalam jarak yang jauh (contoh : Hub, Repeater, Switch, Modem). Pada sistem jaringan mainframe, perangkat yang digunakan adalah Communication Controller.
3.   Disk Storage Device, merupakan penyimpanan data dalam sistem komputer mainframe yang berupa disk. Kapasitas storage bisa mencapai ribuan GB.
4.   Tape, merupakan media perangkat untuk mentransfer data dari disk ke cartridge. Transfer rate bisa mencapai 40.000 KB/s.

Konektivitas
Secara umum, konektivitas pada Sistem Mainframe adalah sebagai berikut :
1.   Parallel Channel, memiliki kecepatan rata-rata hingga 4,5 MB/s, jarak tempuh mencapai 122 M, bertipe Byte Multiplexer (mampu beroperasi dengan kecepatan data yang relatif tinggi tetapi dengan hanya satu perangkat pada satu waktu atau mampu beroperasi dalam banyak perangkat tetapi memiliki kecepatan yang relatif rendah), Block Multiplexer (dirancang untuk kecepatan tinggi terbatas pada blok interleaving data yang lengkap.
2.   Escon Channel (Enterprise System Connection), memiliki kecepatan rata-rata 200 Mbps, Pair Optical Fibre, dan menjangkau hampir 3 Km.
3.   Ficon Channel (Fibre Connection), memiliki kecepatan rata-rata 20 Mbps, jarak tempuh hingga 20 Km.
4.   OSA (Open System Adapter), merupakan network controller untuk mainframe dan mendukung jaringan ethernet, token ring, FDDI, ATM, GbE, FENET, 1000Base-T. Untuk token ring memiliki kecepatan rata-rata 4-16 MB/s dan Ethernet 10 MB/s, 100 MB/s. Untuk OSA Console Support menggunakan 1000Base-T.
5.   CTC (Channel to Channel), menghubungkan antara CPU dengan CPU lain atau LPAR dengan LPAR yang lain lewat koneksi ESCON atau FICON.
6.   Hypersocket, menghubungkan antara satu LPAR dengan LPAR yang lain lewat memory CPU.


b.    MINI COMPUTER
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgDsUkQdEauENDwFHEVJGHKsCxyWw81Sfdnam1RetgR0Ypwqs9q_FkoDzzPNlE2DiN_YyANKav2Z7dP0GwCfq3yquY1Wqh2ori9Xxi-BMuf0pElYsrxeMWS2-h_tas2d9PNoEksMUxJf8/s200/mini+computer.jpgKomputer mini (Inggris: minicomputer) adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server.

Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran fisiknya dapat sebesar almari kecil.

Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-40.

Kategori mesin ini dapat menangani kebutuhan umum lebih dari 100 orang, yang pada umumnya bekerja pada kabel terminal komputer. Besarnya Minikomputer kira-kira sebesar 2 atau 4 kabinet file gambar, beberapa sering dihubungkan untuk meningkatkan jarinagn perusahaan, seperti jaringan yang menggantikan mainframe.

Kelebihan mini computer : 
Dapat digolongkan lagi menjadi mini-mini komputer, midi-mini computer, maxi-mini computer dan super mini komputer tergantung dari kemampuannya
·  Ukuran main memory berkisar 4 MB sampai lebih dari 128 MB
·  Konfigurasi operand register 8 bit, 16 bit, 32 bit atau 64 bit
·  Umumnya multi user ( pemakainya banyak)
·  Bentuk dari komputer mini cukup kecil, dapat dipindah-pindah dan dapat diletakkan di rumah kecil
·  Harganya relative lebih mahal daripada komputer mikro tergantung dari banyaknya terminal dan alat input serta ouputnya, harganya mulai dari Rp15 juta
·  Mulai digunakan thn 1960 sebanyak 5000 komputer dan tahun 1970 jumlah ini telah meningkat sampai dengan 10000 komputer
·  Diterapkan terhadap aplikasi pengendalian produksi, riset laborotarium dan komunikasi data 

Berikut ini adalah beberapa jenis komputer mini yang pernah beredar:
Ø PDP-8 (Programmable Data Processor 8) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1965 dengan harga 18500 US$. Komputer mini ini adalah komputer mini paling laku pada jamannya.
Ø PDP-11 (Programmable Data Processor 11) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1970.
Ø VAX (Virtual Address eXtension) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis akhir dekade 1970-an.
Ø Xerox Star, yang merupakan komputer dengan antarmuka grafis (GUI) pertama di dunia.
Ø IBM System/370


c.    MICRO COMPUTER
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYp1QJnMc_pTir7ELWecc18HpO60u6uC_1zNfBuqTSOfHSh0hs-y2fGuxRU0BPgGtjyCgSxlhnCfvHf9S0wKYG8k8Miqfjl7R6h-Nfdh0AeqAapjjFGLRRjXhgjcJy-xNDxaFpo7dincw/s200/microcomputer.jpgMicro Computer adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha.

Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit8-bit, atau 16-bit(dibandingkan dengan minicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antaramainframeminicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframe atau minicomputer.

Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran.
Komputer mikro pertama kali (berukuran 
desktop) muncul pada tahun 1974, yang ditawarkan oleh Micro Instrumentation Telemetry System (MITS) yang didirikan oleh Ed Roberts tahun1969. Komputer mikro tersebut, Altair 8800, dijual sebagai kit yang ditawarkan dengan sedikit di bawah 395 US$. Kit komputer tersebut harus dirakit sendiri oleh pengguna (maksud "perakitan" di sini adalah penyolderan dan penyatuan komponen, bukan seperti assemblingPC saat ini yang hanya membutuhkan obeng).

Altair 8800 dipersenjatai dengan mikroprosesor8-bit Intel 8080 dan memori dengan jumlah 256 bytes (bukan kilobyte) saja; tanpa monitor, dan tanpa keyboard! Pemilik komputer tersebut harus membeli keyboard (pada waktu itu bukan keyboard, melainkan teletype) dan monitor secara terpisah. Karena tidak memiliki monitor, pengguna tidak akan menemukan pesan apa-apa dari komputer Altair 8800 ini selainLED (Light Emitting Diode) yang berkelap-kelip seperti lampu diskotek, dan juga buzzerdengan suara beep-beep-beep.
Ciri-ciri Micro Computer :
1.   Pada awalnya diciptakan  hanya untuk memenuhi kebutuhan personal/single user karena kemampuan dan teknologi yang sangat terbatas.
2.   Dalam perkembangannya dengan menggunakan konsep LAN sehingga komputer mikro dapat digunakan untuk multi user.

3.     Komputer berdasarkan penggunaannya
a.    SPECIAL PURPOSE COMPUTER
http://koreanatccit.files.wordpress.com/2011/09/special-purpose-computer.jpg?w=225&h=300Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen inputoutputpemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.

Ciri-cirinya adalah :
·  Komputer yang dirancang untuk kebutuhan khusus
·  Program tertentu sudah tersimpan di dalam komputernya
·  Dapat berupa komputer analog maupun digital
·  Umumnya adalah komputer analog


b.    GENERAL PURPOSE COMPUTER
http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/1-3a.jpgMerupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. PC (Personal Computer) merupakan salah satu contoh dari kategori ini yang biasa digunakan di rumah, kantor atau sekolah.

Walaupun general purpose computer dapat diprogram untuk digunakan dalam beberapa fungsi, tetap mempunyai batasan-batasan dalam hal kemampuan, ukuran ataupun persyaratan. Sebagai contoh, general purpose computer tidak bisa digunakan untuk memproses perhitungan seluruh data statistik yang dibutuhkan untuk peramalan cuaca ataupun pengetesan pesawat terbang.

Ciri-Cirinya adalah :
·  Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah
·  Dapat berupa komputer analog maupun digital
·  Umumnya adalah komputer digital



Jenis-Jenis Sistem Operasi


A.  UNIX / LINUX
UNIX adalah sistem operasi yang digunakan sebagai sistem operasi baku pada berbagai jenis komputer, terutama komputer mini baik sebagai workstation atau server (sistem yang menyediakan pelayanan pada jaringan). Karena dengan unix sebagai server, berpindah kerja dari satu jenis komputer ke komputer lainnya menjadi mudah.Unix didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking, multi-user, sistem berkas hierarkis dan utilitas.

Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan sistem UNIX yang terkoneksi kesebuah sistem jaringan ialah:
a.   Berbagi sumber daya komputer
Sumber daya komputer yang dibagi bersama mencakup :
·  CPU dan alokasi memori,
CPU / memori yang sedang diam (tidak terpakai) dapat digunakan oleh sistem lain yang sedang sibuk.
·  Penyimpanan data / disk, 
Disk yang semula tersebar di semua komputer dengan utilitas yang sama kini dapat digabungkan menjadi unit disk yang besar dan dibagi bersama.
·  Pencetak/ printer dan program/ utilitas
Pencetakan/ printing dapat diklasifikasikan berdasarkan prioritas (segera, tidak segera) ataupun mutu cetak (laser printer, LQ printer, line printer).

b.   Peningkatan kehandalan
           Komputer dalam sebuah jaringan lebih handal dibandingkan komputer yang berdiri sendiri. Jika ada komputer yang tidak berfungsi, peranannya digantikan oleh komputer yang lain. Sistem dapat diatur / dikendalikan hingga pemakai tidak mengetahui bahwa komputer yang biasa digunakan sedang digantikan oleh komputer lain. Sistem penyimpanan disk dapat diatur derajat keamanannya. Seperti halnya CPU, sistem disk yang tidak berfungsi digantikan oleh sistem yang lain tanpa diketahui oleh pemakai.

c.   Penghematan
           Peningkatan kehandalan serta pemakaian sumberdaya secara bersama menghasilkan penghematan biaya operasi. Harga 10 komputer 10 MIPS jauh lebih murah dibandingkan 1 komputer 100 MIPS. Namun, kemampuan kesepuluh komputer 10 MIPS tersebut dapat hampir menyamai kemampuan komputer 100 MIPS jika dilakukan utilisasi yang tinggi. Penghematan lain didapatkan dari penggunaan printer server dan file server (1 sistem data atau disk untuk banyak komputer).

Sistem operasi UNIX yang terdiri dari tiga komponen utama:
1.   Kernel
Ini adalah pusat dari sistem operasi. Dari sini program konfigurasi memori ditugaskan, serta waktu-urutan peristiwa. Kernel juga mengelola sistem repositori dalam menanggapi sistem panggilan.
2.   Programs
Program yang ini membuat individu atas perintah yang diberikan oleh user untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
3.   Shell
Shell memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem. Di sinilah perintah baris yang dimasukkan, Shell menterjemahkan perintah untuk kernel

Jenis-jenis UNIX
UNIX adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih andal. Tabel berikut menyebutkan beberapa jenis-jenis UNIX.

Nama Varian UNIX
Dikembangkan oleh (vendor/organisasi)
A/UX
Apple Computer
Domain/X
Apple Computer
Darwin
Apple Computer (modifikasi yang dilakukan oleh Apple dari kernel BSD dan diaplikasikan pada Mac OS/X).
CTIX
Convergent Technology
Distrix
Convergent Technology
UniCOS
Cray Research (sekarang bagian dari Silicon Graphics Incorporated)
DG/UX
Data General Corporation
Digital UNIX
Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq, sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
Ultrix
Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq. sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
CLIX
Fairchild Company
HP/UX
Hewlett-Packard
Tru64
Compaq (sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
AIX
International Business Machine (IBM) Corporation
Coherent
Mark William Company
XENIX
Microsoft Corporation (lalu dijual ke SCO)
DVIX
Northern Telecom
UnixWare
Novell Incorporated
SCO UNIX
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO XENIX
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO OpenServer
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
Dynix
Sequent
SINIX
Siemens Corporation/Nixdorf
IRIX
Silicon Graphics Incorporated (SGI)
SunOS
Stanford Universities Network (SUN)
Solaris
Sun Microsystems Incorporated
OpenSolaris
Sun Microsystems Incorporated
Illumos
Illumos.org
Eunice
The Wollongong Group
Uniplus+
Unisoft Corporation
BSD UNIX
Universitas California (University of California) Berkeley, Amerika Serikat
BSD/I
BSDI (Berkeley Software Design Incorporated)
OSF/1
Open Software Foundation
GNU/Linux
Free Software Foundation
GNU/Hurd
Free Software Foundation
FreeBSD
NetBSD
OpenBSD
NextStep
Minix
Universitas Terbuka Amsterdam (Vrije Universiteit Amsterdam), Belanda
Mach
Universitas Carnegie Mellon (Carnegie Mellon University), Amerika Serikat
UNIX System V
Lucent Technologies (Bell Labs)
QNX
QNX Software Systems

Jenis Jaringan Berbasis UNIX           
1.   UUCP (Unix to Unix CoPy)
           UUCP merupakan jenis jaringan pertama kali muncul pada sistem UNIX. Pada awalnya, UUCP dikembangkan dengan hanya memanfaatkan saluran serial atau terminal dari sebuah komputer. Kini, UUCP bekerja pada setiap versi UNIX bahkan sistem non-UNIX seperti VMS dan DOS.

Layanan yang disediakan UUCP diantaranya:
·  Alih berkas (file transfer) dan surat elektronis (e-mail)
Penyampaian berkas melalui UUCP dilakukan secara beranting. Jika seseorang di Indonesia hendak mengirim surat elektronis kepada rekannya di Amerika, cukup disimpan/ dikerjakan dikomputer secara lokal. Komputer akan secara otomatis menyampaikan surat tersebut ke sebuah simpul di Amerika Serikat yaitu UUNET (Arlington, Va.). Secara beranting, surat tersebut akan diteruskan kesimpul berikut hingga sampai tujuan.
·  Terminal jarak jauh (remote terminal) dan eksekusi perintah jarak jauh (remote execution)
Jaringan UUCP secera internasional menghubungkan lebih dari seratus ribu komputer. Secara total, berjuta-juta byte beralih setiap harinya antara komputer sedunia. Sebagian besar peralihan tersebut terjadi di Amerika Serikat karena murahnya biaya komunikasi. Sebagian besar data berupa USENET NEWS, forum diskusi elektronis terbesar didunia.

2.   TCP atau IP (Transmission Control Protocol /Internet Protokol)
           TCP merupakan protokol yang mengatur transportasi data antar sistem. TCP dapat diumpamakan sebagai "sekretaris perusahaan" yang mengelola pengiriman berkas antar alamat. TCP biasanya memanfaatkan jasa IP sebagai media pengantar. Seperti halnya sekretaris, TCP bertanggung jawab atas kehilangan pengiriman paket berikut tindak lanjutnya (mengirim ulang paket).

TCP dimanfaatkan oleh aplikasi-aplikasi lain sebagai pengiriman data yang handal yaitu mencakup:
·  Login jarak jauh        : TELNET (umum) dab rlogin (khusus UNIX)
·  Eksekusi jarak jauh    : rsh (khusus UNIX)
·  Alih berkas                  : FTP (File Transfer Protocol)
·  Surat elektronis           : SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
·  Program aplikasi lokal (buatan sendiri) dapat memanfaatkan fasilitas TCP/IP untuk saling berkomunikasi.

3.   NFS (Network File System) dan RPC (Remote Procedure Call)
           NFS pada mulanya dikembangkan oleh Sun Microsystem (1984). Kini, NFS yang menggunakan RPC diterapkan pada lebih dari 100 jenis komputer dan diperkirakan dioperasikan pada lebih dari 100.000 komputer. NFS memungkinkan sebuah kompuer mengakses sistem berkas komputer lain, dan memperlakukan sistem berkas tersebut seperti bagiannya sendiri.

4.   NCS (Network Computing System)
           Beban antara CPU dalam jaringan biasanya tidak sama pada saat yang sama. Beberapa penelitian telah mengarah pada pemanfaatan CPU yang sedang diam (idle). Hingga kini, setiap pembuat komputer masih mengembangkan protokolnya secara terpisah serta tidak cocok satu dengan lainnya. Namun, usaha menuju pembakuan sedang dirintis dan diharapkan akan disepakati dalam kurun waktu yang tidak lama lagi.

Perintah Dasar yang Digunakan UNIX
Masalah keamanan data amatlah penting dalam bidang teknologi informasi. UNIX dalam hal ini jauh lebih unggul dari pada DOS yang tidak menyediakan fasilitas ini. DOS hanya mempunyai fasilitas ATTRIBUT dengan pilihan Read Only dan Hidden. DOS hanya menyediakan fasilitas untuk untuk menyembunyikan file (hidden) dan memproteksi file (read-only) agar tidak dapat dihapus atau dimodifikasi. Sedangkan fasilitas kepemilikan file tidak disediakan. 
                                                                     
Berikut ini adalah daftar ringkasan beberapa perintah dasar yang sering digunakan pada unix :
Ø Perintah untuk Manajemen File
PERINTAH KETERANGAN
cat        : Menampilkan isi file (seperti type pada Dos)
cp         : Menyalin satu atau beberapa file (seperti copy pada Dos)
find      : Mencari file tertentu pada suatu direktori (seperti Dir pada Dos)
ls           : Menampilkan informasi file
more                    : Menampilkan file per screen
mv        : Memindahkan suatu file ke direktori lain
pg         : Menampilkan isi suatu file teks per layar
rm         : Menghapus file (sama seperti Del pada Dos)

Ø Perintah Manajemen Direktori
PERINTAH KETERANGAN
cd         : Mengaktifkan suatu direktori sebagai direktori
copy     : Menyalin seluruh struktur direktori ataupun file
mkdir   : Membuat direktori baru
pwd      : Menampilkan nama direktori tempat kita bekerja
Rmdir  : Menghapus direktori

Ø Perintah untuk mengatur Akses Direktori
PERINTAH KETERANGAN
chgrp      : Mengubah group dari suatu direktori
chmod    : Mengubah permisi dari suatu file atau direktori
chown    : Mengubah pemilik dari suatu file atau direktori

Ø Perintah Lingkungan Sistem
PERINTAH KETERANGAN
exit            : Keluar dari shell pada Bourne shell dan Korn shell
id               : Menampilkan nama pemakai beserta identitas dari pemakai
logname    : Menampilkan nama pemakai
logout       : Keluar dari shell pada C shell
man          : Menampilkan dokumentasi online dri suatu perintah Unix (sama seperti Help)
newgrp      : Mengubah group efektif
passwd      : Mengganti password
set              : Menampilkan variabel lingkungan pada shell pemakai
tty              : Menampilkan nama identitas (port) terminal
uname       : Menampilkan nama sistem operasi
whoami     : Menampilan nama pemakai yang sedang menggunakan sistem

Ø Perintah Yang Berhubungan dengan Layar
PERINTAH KETERANGAN
banner    : Menampilkan tulisan berukuran besar
clear       : Menghapus layar (sama seperti Cls pada DOS)
echo       : Menampilkan tulisan ke layar

Ø Perintah yang berhubungan dengan Proses
PERINTAH KETERANGAN
kill        : Menghentikan suatu proses berdasarkan identitas proses
ps          : Menampilkan proses yang sedang berjalan
sleep    : Menunda eksekusi (proses yang tidak mengerjakan apa-apa selama beberapa detik)

Ø Perintah-perintah lain
PERINTAH KETERANGAN
bc        : Utilitas untuk melakukan perhitungan
cal       : Menampilkan Kalender
date    : Menampilkan tanggal dan jam sistem
grep    : Mencri file-file yang mengandung kata tertentu
lp         : Mencetak file ke printer
mail     : Utilitas untuk menyampaikan pesan tertulis ke pemakai lain
sort      : Mengurutkan data
vi         : Editor teks
wc        : Menghitung jumlah karakter, kata, dan baris pada suatu file

LINUX merupakan sistem operasi yang diadopsi atau kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX) dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows. Sistem operasi ini juga terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, RedHat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.

Kelebihan LINUX :
1.   Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
2.   Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
3.   Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.

Kekurangan LINUX :
1.   Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
2.   Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau linuxhardware.org.
3.   Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.


B.   DOS
Sesuai dengan namanya, DOS (Disk Operating System) adalah salah satu system operasi single user dan single process yang tidak memiliki tampilan grafis dan terkemas dalam sebuah disket berkapasitas 360 MB. Pada awal perkembangan PC di IBM, SO ini sudah terdapat didalamnya, jika belum SO ini juga bisa dijalankan melalui booting dari media disket. Fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang adalah penggunaan dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer. Walaupun bisa juga dilakukan pada sistem operasi berbasis GUI.

Sama seperti Terminal di Linux, DOS memiliki daftar perintah berbasis teks yang harus diketik di Console DOS atau lazim disebut Command Prompt. Mengetahui penggunaan perintah DOS adalah pengetahuan tersendiri yang perlu dipahami oleh administrator jaringan berbasis windows. Anda akan lebih mudah menguasai NetBios Hacking atau remote komputer berbasis console di windows dengan mengetahui perintah- perintah DOS.

Berikut ini fungsi-fungsi DOS :
1.   Menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer.
2.   Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan computer
3.   Mengatur memori
4.   Mengatur proses input dan output data
5.   Management file
6.   Management directory

Kekurangan DOS :
1.   DOS ngga GUI jadi otomatis lebih ribet, karena pakai Command Line Interface
2.   Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS, sebagai buktinya, kalo agan jalanin program DOS tanpa lewat CMD, langsung ditutup sama Windowsnya

Keunggulan DOS :
Menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut)

Operating system yang popular untuk jenis ini adalah MS-DOS, karena selain kuota yang kecil juga perintah-perintah yang dipergunakan relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan DOS sistem lainnya.

Disk Operating System (DOS) terbagi menjadi beberapa kelas, yakni :
1.   MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.
2.   IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.
3.   DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.
4.   Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).
5.   Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.
6.   FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source

Bagian-bagian Disk Operating System (DOS) 
Terdapat tiga bagian utama yang membangun disk operating system yaitu :
1.   File boot, yaitu : File ini digunakan pada saat proses boot pada DOS atau proses startup pada sistem.
2.   Manajemen file, yaitu : Bagian ini memungkinkan sistem untuk mengatur datanya dalam suatu sistem file dan folder.
3.   File utility, yaitu : Bagian ini memungkinkan pengguna mengatur resources dari sistem, melakukan troubleshooting sistem, dan mengkonfigurasi seting sistem.

Properti Disk Operating System (DOS) 
Berikut adalah properti yang dimiliki oleh DOS, yaitu :
1.   DOS merupakan perangkat yang esensial untuk praktisi IT dan digunakan untuk melakukan pemecahan masalah.
2.   DOS merupakan sistem operasi dengan barisan perintah dan tidak user-friendly. Cara terbaik untuk mempelajari DOS adalah dengan menggunakannya
3.   DOS hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu karena tidak mendukung multitasking.
4.   DOS hanya dapat menjalankan program yang kecil dan memiliki keterbatasan memori.


C.  MICROSOFT WINDOWS
Microsoft windows adalah nama umum untuk sistem operasi berbasi GUI (Graphical User Interface) yang dibuat oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar, sebagai langkah untuk menyaingi kepopuleran sistem Micintosh.

Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. Pada tahun 2007, perusahaan Microsoft mengeluarkan sistem operasi Windows Vista.

Program-program yang termasuk dalam kategori Windows adalah Windows 3.1, Windows NT, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows Me, Windows XP, Windows 2003, Windows Vista, Windows 7, dan yang terbaru Windows 8.

Kelebihan Ms. Windows :
1.     Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
2.     Banyak software berbasis Windows
3.     Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
4.     Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows.
5.     Kalau ada masalah mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari ahlinya juga tidak sulit disekitar kita.
6.     Pengguna bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi pada saat yang bersamaan
7.     Pengguna bisa membuka lebih dari satu file dalam waktu yang bersamaan
8.     Pengguna bisa sharing dari data aplikasi yang lain dengan mudah.
9.     Terdapat banyak aplikasi yang kompatibel dengan windows.
10. And user artinya orang yang awam tentang komputer bisa menjalankannya.
11. Banyak didukung oleh vendor hardware dan software.
12. Digunakan oleh mayoritas pengguna komputer di dunia.

 Kekurangan Ms. Windows :
1.     Harga licensi yang mahal
2.     Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
3.     Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
4.     Sistem Security yang lemah dan mudah dijebol oleh para hackers.
5.     System file yang agak kacau, Contohnya: apabila menginstall suatu aplikasi, system file DLL akan diletakkan di C:\Windows\System\ sementara aplikasi itu sendiri terletak ditempat lain. Ini akan menyusahkan saat menguninstall aplikasi tersebut, dan sewaktu pengintegrasian DLL (Dynamic Link Libraries)
6.     Menyebabkan ketergantungan penggunaan produk Microsoft.
7.     Space hardisk yang dibutuhkan besar.
8.     Membutuhkan memori fisik besar.
9.     Membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi.
10. Membutuhkan perawatan yang terus menerus dan prosedur yang sesuai dengan panduan yang ada saat menggunakannya.


D.  MACHINTOS
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System, Sistem operating sistem ini berbasis GUI (Graphical User Interface) yang berjalan pada komputer Macintosh. SIstem operasi ini sebenarnya diluncurkan pertama kali tahun 1984. Namun, nama Mac OS baru diperkenalkan pada pertengahan 90-an. Di Indonesia, Macintosh banyak dipakai di kalangan penerbit dan biasa dipakai di kalangan penerbit dan biasa dipakai untuk menangani perwajahan (layout) bahan-bahan publikasi.

Sistem Operasi Macintosh dibagi menjadi 2 jenis :
1.   MAC OS Klasik
Tidak memiliki sembarang Command Line (Baris perintah), menggunakan User Interface (UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking
2.   MAC OS X
MAC OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, One Step, dan MAC OS X memiliki memori ala-Unix dan Pre-Emptive Multitasking.

Kelebihan MAC OS :
1.   Stabil, karena menggunakan UNIX.
2.   Multitasking.
3.   Tampilan (UI) sangat bagus.
4.   Aman dari Malware.
5.   Dalam versi awal-awalnya, MacOS telah memiliki fungsi yang setara dengan Windows 95, baru pihak Microsoft mengikutinya dengan dikeluarkan Windows ’95 yang menyerupai MacOS namun tidak sama.
6.   MAC belum bisa di tembus virus dan worm.

Kelemahan MAC OS :
Kelemahan ada pada masalah masih banyaknya software-software yang belum compatible, dan meski MAC bisa di instal di komputer rakitan berbasis INTEL sama AMD itu pun belum maksimal (hardware minim suport) kecuali pakai hardware-hardware yang keluaran baru-baru ini, karena MAC hanya dirancang untuk komputer branded-nya MAC (apple) sendiri dengan prosesornya G3. Kelemahan-kelemahan MacOS :
1.   Dibandingkan dengan BeOS nampaknya MacOS tertinggal jauh. Sehingga sepertinya cocok untuk standar bagi graphic designer.
2.   Software untuk OS ini belum begitu lengkap seperti pada windows.
3.   Harganya masih terlalu mahal.
4.   Secara teknis, MacOS tertinggal dengan sistem operasi yang lainnya. Karena hanya pihak MacOs saja yang mengembangkannya.
5.   Kurang cocok untuk aplikasi server dan game. Kurang baik untuk dijadikan server dan belum banyak game bagus seperti game-game windows yang dibuat untuk mac.

MAC OS X adalah garis komputer Sistem Operasi yang dikembangkan, dipasarkan oleh Apple Inc, MAC OS X adalah penerus dari MAC OS (Klasik). MAC OS X dibangun di atas XNU kernel, dengan fasilitas standar Unix tersedia dari antarmuka baris perintah.


E.   WINDOWS MOBILE
Windows Mobile adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Microsoft untuk peralatan bergerak (mobile). Pertama kali Windows Mobile muncul sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, sebagian besar perangkat yang menggunakan Windows Mobile memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah dengan menyentuhkannya pada layar.

OS windows mobile biasanya hanya digunakan pada ponsel jenis PDA Phone yang harganya lumayan untuk kalangan ekonomi menengah kebawah, namun biasanya pengguna HP dengan OS ini hanya kalangan pebisnis yang ekonominya lumayan. Biasanya sebanding dengan harga 1 buah laptop, tergantung dari merk dan spesifikasinya.


Windows Mobile dimulai dari :
1.   Pocket PC 2000.
2.   Pocket PC 2002.
3.   Windows Mobile 2003, memiliki 4 edisi, yaitu : Windows Mobile 2003 for Pocket PCPremium Edition, Windows Mobile 2003 for Pocket PC Professional Edition, WindowsMobile 2003 for Smartphone, dan Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition.
4.   Windows Mobile 2003 Second Edition (Windows Mobile 2003 SE).
5.   Windows Mobile 5
6.   Windows Mobile 6, memiliki 3 versi, yaitu : Windows Mobile 6 Standard for Smartphone (phone without touchscreen), Windows Mobile 6 Professional for Pocket PCwith phone functionality, dan Windows Mobile 6 Classic for Pocket PCs without cellular radio. Contoh: Eten Glofiish X650 menggunakan Windows Mobile 6.0 Profesional.
7.   Versi terbaru yang sedang dikembangkan Microsoft adalah Photon, yang didasarkan pada Windows Embedded CE 6.0 dan diharapkan dapat mengintegrasikan versismartphone dan Pocket PC.

Kelebihan Windows Mobile :
1.   Fitur kantoran yang sangat lengkap ditambah integrasi dengan layanan Microsoft Outlook dan Exchange menjadikan Windows Mobile perangkat smartphone paling powerful bagi para pebisnis, kemudahan tweaking, kapabilitas multitasking menjadi andalan OS ini
2.   Windows mobile sangat stabil, jadi saat kita berpindah dari satu fitur ke fitur lain tidak akan terjadi trouble dan akan sangat cepat. Kecepatan windows mobile ini berbeda-beda dalam setiap device.
3.   Sebagian besar teknologi IT (Information Technology) yang dipakai berbasis Windows, kecocokan dalam hal platform serta ekstensi yang mudah dengan software. Komputer dipandang bahwa Microsoft dianggap lebih ideal dibandingkan Symbian atau Linux.
4.   Windows Mobile menawarkan berbagai fitur unggulan seperti Mobile Blog, GPS,
menonton televisi, serta Mobile Database.

Kekurangan Windows Mobile :
1.   Kurang user friendly sehingga membutuhkan pemahaman lebih dalam
2.   Bersifat tertutup sehingga sulit bagi software
developer independen untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru.
3.   Sistem operasi terkesan lambat
4.   Kurang responsif serta agak boros baterai
5.   Lisensi Windows Mobile adalah berbayar sehingga smartphone WinMo terkesan lebih mahal.


F.   SISTEM OPERASI ANDROID
Android adalah Sistem Operasi terkini sebuah ponsel berbasis Linux yang digunakan sebagai pengelola sumber daya perangkat keras, dan dirancang untuk selular seperti smartphone dan PC tablet. Secara umum Android adalah platform yang terbuka (Open Source)  bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai piranti bergerak. Pada awalnya Android dikembangkan oleh Android Inc, yang didirikan oleh Palo Alto. Tujuan awal dari pengembangan Android adalah untuk pengembangan sebuah sistem operasi canggih yang digunakan di kamera digital. Namun kemudian beralih ke telepon selular untuk menyaingi Symbian dan windows mobile, dan pada tahun 2005 android diakuisisi oleh google.

Android ini diresmikan pada tahun 2007 seiring dengan berdirinya Open Handset Alliance-konsorsium hardware, software, dan perusahaan telekomunikasi yang ditujukan untuk memajukan standar perangkat selular. Smartphone pertama yang memakai sistem operasi Android untuk publik adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008, tentu anda yang belum tahu pasti menduga bahwa Samsung adalah smartphone android yang pertama kali keluar.

Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomme, TMobile, dan Nvidia.

Terdapat beberapa versi pada sistem operasi Android yang pernah dirilis adalah sebagai berikut:
1.   Android versi 1.1
   Pada 09 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1 dengan pembaharuan estetis pada aplikasi, jam, alarm, voice search(pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail dan pemberitahuan email.
2.   Android versi 1.5 (Cupcake)
           Dirilis pada pertengahan Mei 2009, terdapat beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, meng-upload video ke Youtube dan gambar ke picasa langsung dari telepon, dukunganBluetooth A2DP, kemampuan terhubung langsung ke headset Bluetooth, animasi layar dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

3.   Android versi 1.6 (Donut)
Dirilis pada September dengan proses pencarian lebih baik dibanding dengan sebelumnya, pengguna baterai indicator dan control applet VPN.

4.   Android versi 2.1 (Eclair)
           Pada 3 Desember 2009, perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3.2 MP, digital Zoom dan Bluetooth 2.1.

5.   Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
           Android Froyo dirilis pada 20 mei 2012. Android versi ini memiliki kecepatan kinerja dan aplikasi dua sampai lima kali dari versi-versi sebelumnya. Selain itu ada penambahan fitur-fitur baru seperti dukungan Adobe Flash 10.1,  intergrasi V8 JavaScriptengine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuanauto update dalam aplikasi Android Market.

6.   Android versi 2.3 (GingerBread)
           Rilis pada 6 Desember 2010. Perubahannya antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang. Terdapat dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

7.   Android versi 3.0 (HoneyComb)
           Android Honeycomb di rilis pada awal 2012. Merupakan versi Android yang dirancang khusus untuk device dengan layar besar seperti Tablet PC. Fitur baru yang ada pada Android Honeycomb antara lain yaitu dukungan terhadap prosessormulticore dan grafis dengan hardware acceleration. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah tablet Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011.

8.   Android versi 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich)
           Diumumkan pada 10 Mei 2011. Fitur baru Android Ice Cream Sandwich seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

9.   Android versi 4.1 Jelly Bean
           Android Jelly Bean diluncurkan pada 10 Mei 2011. Android versi ini meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Searchyang lebih cepat. Versi ini juga dilengkapi Google Now.

10. Android versi 4.2 Jelly Bean
           Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagaiscreensaver, power control, lock screen widget, widget terbaru. Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4.

11. Android 4.4 KitKat
          Merupakan versi terbaru dari OS Android, yang diluncurkan pada bulan Oktober 2013. Android kitkat muncul bersamaan dengan peluncuran Nexus 5. Sistem terbaru ini dihadirkan oleh Google dengan spesifikasi minimum yang dapat dijalankan dengan menggunakan smartphone kelas low end.

          Untuk menjalankan OS ini dibutuhkan spesifikasi smartphone dengan RAM sebesar 512MB, dengan demikian OS Android KitKat dapat ditujukan untuk segala jenis smartphone yang ada di pasaran dan di sematkan pada berbagai jenis perangkat warable yang saat ini banyak dikembangkan.

Kelebihan Sistem Operasi Android :
1.   User Friendly - Kalimat ini sangat melekat pada sistem operasi Windows miliknya microsoft, ibaratnya kita dengan sangat mudah mengoprasikan komputer hanya dengan belajar beberapa hari bahkan beberapa jam saja, dan ini juga melekat pada Android yang berjalan pada Smartphone.
2.   Notifications - Anda dengan sangat mudah mendapatkan notifikasi dari smartphone android dengan mengatur beberapa akun Email, SMS , Voice Dial, Update dan lain sebagainya.
3.   Multitasking, memungkinkan penggunanya dapat membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Anda bisa facebookan, browsing internet, dan mendengarkan lagu dalam satu waktu.
4.   Tampilan - Dari segi tampilan, Android tidak kalah bagusnya dari iOs miliknya Apple, karena memang dari awal android hampir mengusung teknologi iOs, hanya saja ini versi murahnya.
5.   Open Source - Operating system ini memang dibuat open source oleh penciptanya, karena memang berbasis kernel Linux. Jadi jangan kaget jika diluar sana ada banyak sekali Custom Rom untuk masing-masing perangkat android.
6.   Aplikasi - Untuk Aplikasi anda akan disajikan jutaan pilihan aplikasi yang menarik dari yang gratis hingga berbayar, dan anda bisa mendownloadnya di Google Play.
7.   Anda bisa dengan mudah mengakses seluruh produk dari Google, mulai dari Google Map, Google Reader, Google Translate, Youtube, Blogger, dan lain-lain.
8.   Didukung berbagai macam ponsel, sekarang sudah banyak ponsel yang memakai sistem operasi ini mulai dari HTC, Samsung, Nokia, iPhone, sampai ponsel cina seperti Cross dan Mitto.

Kelemahan Sistem Operasi Android :
1.   Update System - Untuk melakukan update system tidaklah mudah, anda harus menunggu dari masing-masing Vendor untuk merilis Update Versi yang terbaru. Tentu ini sangat tidak menyenangkan.
2.   Batterai Cepat Habis - Ini sering terjadi jika anda menyalakan paket data dan menggunakan widget serta aplikasi yang berjalan secara berlebihan, untuk mengatasinya anda harus mengurangi aktivitas aplikasi pada smartphone anda.
3.   Lemot atau Lag - Sebenarnya kalau ini ada kaitannya dengan spesifikasi dari masing-masing perangkat, namun ada kalanya Android ini tidak bersahabat dengan beberapa aplikasi dikarenakan Ram ataupun Prosesornya yang kurang memadai, jadi sesuaikan aplikasi dengan perangkatnya.



Jenis Aplikasi Komputer menurut Environment


A.  CLIENT SERVER (Aplikasi)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijU1GrfhWdI6qO6EXp8w4jlcF3SNsiv1scOXM6iCcP6Hn39aFRDtrYVtQkpSinpOTowlojr3rq6tnH1c7itFFIqbBOs4D_mCJPuemmRvuYC35Pkwui7VTAaAtvZ0Ko3n_hQ2VHBz2SGqRr/s320/client_server.gifClient Server merupakan suatu bentuk arsitektur, dimana Client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjelaskan aplikasi (software komputer), dan Server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, keamanan, data atau layanan yang diminta oleh client.

Client-Server adalah pembagian kerja antara server dan client yg mengakses server dalam suatu jaringan. Jadi arsitektur client-server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan.

Komponen-komponen Client Server :
Dalam menjalankan sebuah arsitektur client-server, maka dibutuhkan beberapa komponen agar arsitektur tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

Komponen tersebut diantaranya :
1. User
Disini user adalah sebagai end-user yang mengakses client untuk mendapatkan layanan. Dapat dikatakan juga bahwa sebuah user atau end-user adalah ketika melakukan proses akhir menggunakan sitem client-server ini, misalnya seorang manager perusahaan.

2. Client
Client dapat berupa sebuah pemproses yang banyak dilakukan di sebuah server dimana bagian-bagian dalam lingkup pekerjaannya ditentukan oleh program komputer. Salah satu hal yang terpenting dalam sistem client-server adalah User Interface (UI), yang digunakan user untuk berkomunikasi.

3. Network dan Transmisi.
Server dan client dapat terkoneksi dengan sebuah media transmisi yang dapat berupa kabel, wireless, atau fiber. Dengan media ini memungkinkan sebuah perusahaan untuk melakukan enterprice network yang lebih besar dalam sebuah departemen. Arsitektur yang digunakan dapat berupa OSI atau yang sekarang banyak digunakan yaitu TCP/IP.

4. Servers.
Sebagai server, server haruslah memiliki kemampuan untuk mengontrol software, menjalankan program aplikasi, dan mengakses database dengan mudah dan cepat. Sebuah server harus mendukung spesifikasi yang mendukung resource sharing seperti Network Server Operating System, Multiple User Interface, GUI (Graphic User Interface), dialog oriented antara client-server language seperti SQL dan database arsitektur.

Keunggulan Client Server :
1.   Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation
2.   Sistem keamanan & administrasi lebih baik
3.   Sistem backup data lebih baik

Kelemahan Client Server :
1.   Biaya lebih mahal
2.   Dibutuhkan komputer dengan spesifikasi khusus untuk menjadi server
3.   Ketergantungan terhadap server, jika server terganggu maka keseluruhan jaringan terganggu
4.   Membutuhkan administrator yang handal

Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, tetapi ada beberapa perbedaan karakteristik yaitu :
1.   Servis (layanan)
-  Hubungan antara proses yang berjalan pada mesin yang berbeda
-  Pemisahan fungsi berdasarkan ide layanannya
-  Server sebagai provider, client sebagai konsumen
2.   Sharing resources (sumber daya)
Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.
3.   Asymmetrical protocol (protokol yang tidak simetris )
Many-to-one relationship antara client dan server.Client selalu menginisiasikan dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu secara pasif request dari client.
4.   Transparansi lokasi
Proses yang dilakukan server boleh terletak pada mesin yang sama atau pada mesin yang berbeda melalui jaringan.Lokasi server harus mudah diakses dari client.
5.   Mix-and-Match
Perbedaan server client platforms
6.   Pesan berbasiskan komunikasi
Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakan permintaan dan jawaban.
7.   Pemisahan interface dan implementasi
Server bisa diupgrade tanpa mempengaruhi client selama interface pesan yang diterbitkan tidak berubah.
-  Client Server System
-  Client / Server Application

Perbedaan Tipe Client-Server
1. File Servers
·   File server vendors mengklaim bahwa mereka pertama menemukan istilah client-server.
·   Untuk sharing file melalui jaringan
2. Database Servers
·   Client mengirimkan SQL requests sebagai pesan pada database server,selanjutnya hasil perintah SQL dikembalikan.
·   Server menggunakan kekuatan proses yang diinginkan untuk menemukan data yang diminta dan kemudian semua record dikembalikan pada client.
3. Transaction Servers (Transaksi Server)
·   Client meminta remote procedures yang terletak pada server dengan sebuah SQL database engine.
·   Remote procedures ini mengeksekusi sebuah grup dari SQL statement
·   Hanya satu permintaan / jawaban yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi
4. Groupsware Servers
·   Dikenal sebagai Computer-supported cooperative working
·   Manajemen semi-struktur informasi seperti teks, image, bulletin boards dan aliaran kerja
·   Data diatur sebagai dokumen
5. Object Application Servers
·   Aplikasi client/server ditulis sebagai satu set objek komunikasi
·   Client objects berkomunikasi dengan server objects melalui Object Request Broker (ORB)
·   Client meminta sebuah method pada remote object
6. Web Application Servers (Aplikasi Web Servers)
·   World Wide Web adalah aplikasi client server yang pertama yang digunakan untuk web.
·   Client dan servers berkomunikasi menggunakan RPC seperti protokol yang disebut HTTP.

Fungsi client server
Dalam konteks basis data, client mengatur interface berfungsi sebagai workstation tempat menjalankan aplikasi basis data. Client menerima permintaan pemakai, memeriksa sintaks dan generate kebutuhan basis data dalam SQL atau bahasa yang lain. Kemudian meneruskan pesan ke server, menunggu response dan bentuk response untuk pemakai akhir.

Server menerima dan memproses permintaan basis data kemudian mengembalikan hasil ke client. Proses-proses ini melibatkan pemeriksaan autorisasi, jaminan integritas, pemeliharaan data dictionary dan mengerjakan query serta proses update. Selain itu juga menyediakan kontrol terhadap concurrency dan recovery.

Ada beberapa keuntungan jenis arsitektur ini adalah :
·   Memungkinkan akses basis data yang besar
·   Menaikkan kinerja
·   Jika client dan server diletakkan pada komputer yang berbeda kemudian CPU yang berbeda dapat memproses aplikasi secara paralel. Hal ini mempermudah merubah mesin server jika hanya memproses basis data.
·   Biaya untuk hardware dapat dikurangi
·   Hanya server yang membutuhkan storage dan kekuatan proses yang cukup untuk menyimpan dan mengatur basis data
·   Biaya komunikasi berkurang
·   Aplikasi menyelesaikan bagian operasi pada client dan mengirimkan hanya bagian yang dibutuhkan untuk akses basis data melewati jaringan, menghasilkan data yang sedikit yang akan dikirim melewati jaringan
·   Meningkatkan kekonsistenan
·   Server dapat menangani pemeriksaan integrity sehingga batasan perlu didefinisikan dan validasi hanya di satu tempat, aplikasi program mengerjakan pemeriksaan sendiri
·   Map ke arsitektur open-system dengan sangat alami

Berikut ini adalah ringkasan fungsi client-server
Client
• Mengatur user interface
• Menerima dan memeriksa sintaks input dari pemakai
• Memproses aplikasi
• Generate permintaan basis data dan memindahkannya ke server
• Memberikan response balik kepada pemakai
• Menyediakan akses basis data secara bersamaan
• Menyediakan kontrol recovery

Server
• Menerima dan memproses basis data yang diminta dari client
• Memeriksa autorisasi
• Menjamin tidak terjadi pelanggaran terhadap integrity constraint
• Melakukan query/pemrosesan update dan memindahkan respons ke client
• Memelihara data dictionary

Aplikasi client server
Istilah arsitektur mengacu pada desain sebuah aplikasi, atau dimana komponen yang membentuk suatu system ditempatkan dan bagaimana mereka berkomunikasi.

Macam-macam arsitektur aplikasi Client-Server, yaitu:
1.   Standalone (one-tier)
Pada arsitektur ini semua pemrosesan dilakukan pada mainframe. Kode aplikasi, data dan semua komponen sistem ditempatkan dan dijalankan pada host. Walaupun computer client dipakai untuk mengakses mainframe, tidak ada pemrosesan yang terjadi pada mesin ini, dan karena mereka “dump-client” atau “dump-terminal”. Tipe model ini, dimana semua pemrosesan terjadi secara terpusat, dikenal sebagai berbasis-host. Sekilas dapat dilihat kesalahan pada model ini.

Ada dua masalah pada komputasi berbasis host :
1.   Semua pemrosesan terjadi pada sebuah mesin tunggal, sehingga semakin banyak user yang mengakses host, semakin kewalahan jadinya.
2.   Jika sebuah perusahaan memiliki beberapa kantor pusat, user yang dapat mengakses mainframe adalah yang berlokasi pada tempat itu, membiarkan kantor lain tanpa akses ke aplikasi yang ada.

Pada saat itu jaringan sudah ada namun masih dalam tahap bayi, dan umumnya digunakan untuk menghubungkan terminal dump dan mainframe. Namun keterbatasan yang dikenakan pada user mainframe dan jaringan telah mulai dihapus.

Keuntungan arsitektur standalone (one-tier) :
·   Sangat mudah
·   Cepat dalam merancang dan mengaplikasikan

Kelemahan arsitektur standalone (one-tier) :
·   Skala kecil
·   Susah diamankan
·   Menyebabkan perubahan terhadap salah satu komponen diatas tidak mungkin dilakukan, karena akan mengubah semua bagian.
·   Tidak memungkinkan adanya re-usable component dan code.
·   Cepat dalam merancang dan mengaplikasikan

2.   Client/Server (two tier)
Dalam model client/server, pemrosesan pada sebuah aplikasi terjadi pada client dan server. Client/server adalah tipikal sebuah aplikasi two-tier dengan banyakclient dan sebuah server yang dihubungkan melalui sebuah jaringan.

Aplikasi ditempatkan pada computer client dan mesin database dijalankan pada server jarak-jauh. Aplikasi client mengeluarkan permintaan ke database yang mengirimkan kembali data ke client-nya. Model Two-tier terdiri dari tiga komponen yang disusun menjadi dua lapisan : client (yang meminta serice) dan server (yang menyediakan service).

Tiga komponen tersebut yaitu :
1.   User Interface. Adalah antar muka program aplikasi yang berhadapan dan digunakan langsung oleh user.
2.   Manajemen Proses.
3.   Database. Model ini memisahkan peranan user interface dan database dengan jelas, sehingga terbentuk dua lapisan.

Kelebihan dari model client/server :
·   Mudah
·   Menangani Database Server secara khusus
·   Relatif lebih sederhana untuk di develop dan diimplementasikan.
·   Lebih cocok diterapkan untuk bisnis kecil.

Kekurangan dari model client/server :
·   Kurangnya skalabilitas
·   Koneksi database dijaga
·   Tidak ada keterbaharuan kode
·   Tidak ada tingkat menengah untuk menangani keamanan dan transaksi skala kecil.
·   Susah di amankan.
·   Lebih mahal.

Server database berisi mesin database, termasuk tabel, prosedur tersimpan, dan trigger (yang juga berisi aturan bisnis). Dalam system client/server, sebagian besar logika bisnis biasanya diterapkan dalam database.
Server database manangani :
ü Manajemen data
ü Keamanan
ü Query, trigger, prosedur tersimpan
ü Penanganan kesalahan
Arsitektur client/server merupakan sebuah langkah maju karena mengurangi beban pemrosesan dari komputer sentral ke computer client. Ini berarti semakin banyak user bertambah pada aplikasi client/server, kinerja server file tidak akan menurun dengan cepat. Dengan client/server user dair berbagai lokasi dapat mengakses data yang sama dengan sedikit beban pada sebuah mesin tunggal. Namun masih terdapat kelemahan pada model ini. Selain menjalankan tugas-tugas tertentu, kinerja dan skalabilitas merupakan tujuan nyata dari sebagian besar aplikasi.

3.   Three Tier
Arsitektur Three Tier merupakan inovasi dari arsitektur Client Server. Pada arsitektur Three Tier ini terdapat Application Server yang berdiri di antara Client dan Database Server. Contoh dari Application server adalah IIS, WebSphere, dan sebagainya.

Application Server umumnya berupa business process layer, dimana bisa didevelop menggunakan PHP, ASP. net, maupun Java. Sehingga kita menempatkan beberapa business logic kita pada tier tersebut. Arsitektur Three Tier ini banyak sekali diimplementasikan dengan menggunakan Web Application. Karena dengan menggunakan Web Application, Client Side (Komputer Client) hanya akan melakukan instalasi Web Browser. Dan saat komputer client melakukan inputan data, maka data tersebut dikirimkan ke Application Server dan diolah berdasarkan business process-nya. Selanjutnya Application Server akan melakukan komunikasi dengan database server.

Biasanya, implementasi arsitektur Three Tier terkendala dengan network bandwidth. Karena aplikasinya berbasiskan web, maka Application Server selalu mengirimkan Web Application-nya ke computer Client. Jika kita memiliki banyak sekali client, maka bandwidth yang harus disiapkan akan cukup besar, Sedangkan network bandwidth biasanya memiliki limitasi. Oleh karena itu biasanya, untuk mengatasi masalah ini, Application Server ditempatkan pada sisi client dan hanya mengirimkan data ke dalam database server. Konsep model three-tier adalah model yang membagi fungsionalitas ke dalam lapisan-lapisan, aplikasiaplikasi mendapatkan skalabilitas, keterbaharuan, dan keamanan.

Kelebihan arsitektur Three Tier :
·   Segala sesuatu mengenai database terinstalasikan pada sisi server, begitu pula dengan pengkonfigurasiannya. Hal ini membuat harga yang harus dibayar lebih kecil.
·   Apabila terjadi kesalahan pada salah satu lapisan tidak akan menyebabkan lapisan lain ikut salah
·   Perubahan pada salah satu lapisan tidak perlu menginstalasi ulang pada lapisan yang lainnya dalam hal ini sisi server ataupun sisi client.
·   Skala besar.
·   Keamanan dibelakang firewall.
·   Transfer informasi antara web server dan server database optimal.
·   Komunikasi antara system-sistem tidak harus didasarkan pada standart internet, tetapi dapat menggunakan protocol komunikasi yang lebvih cepat dan berada pada tingkat yang lebih rendah.
·   Penggunaan middleware mendukung efisiensi query database dalam SQL di pakai untuk menangani pengambilan informasi dari database.

Kekurangan arsitektur Three Tier :
·   Lebih susah untuk merancang
·   Lebih susah untuk mengatur
·   Lebih mahal

4.   Multi Tier
Arsitektur Multi Tier adalah suatu metode yang sangat mirip dengan Three Tier. Bedanya, pada Multi Tier akan diperjelas bagian UI (User Interface) dan Data Processing. Yang membedakan arsitektur ini adalah dengan adanya Business Logic Server. Database Server dan Bussines Logic Server merupakan bagian dari Data Processing, sedangkan Application Server dan Client/Terminal merupakan bagian dari UI. Business Logic Server biasanya masih menggunakan bahasa pemrograman terdahulu, seperti COBOL. Karena sampai saat ini, bahasa pemrograman tersebut masih sangat mumpuni sebagai business process.

Multi-tier architecture menyuguhkan bentuk three – tier yang diperluas dalam model fisik yang terdistribusi. Application server dapat mengakses Application server yang lain untuk mendapat data dari Data server dan mensuplai servis ke client Application.

Kelebihan arsitektur Multi tier :
·   Dengan menggunakan aplikasi multi-tier database, maka logika aplikasi dapat dipusatkan pada middle-tier, sehingga memudahkan untuk melakukan control terhadap client-client yang mengakses middle server.
·   Dengan menggunakan aplikasi multi-tier, maka database driver seperti BDE/ODBC untuk mengakses database hanya perlu diinstal sekali pada middle server, tidak perlu pada masing-masing client.
·   Pada aplikasi multi-tier, logika bisnis pada middle-tier dapat digunakan lagi untuk mengembangkan aplikasi client lain,sehingga mengurangi besarnya program untuk mengembangkan aplikasi lain. Selain itu meringankan beban pada tiap-tiap mesin karena program terdistribusi pada beberapa mesin.
·   Memerlukan adaptasi yang sangat luas ruang lingkupnya apabila terjadi perubahan sistem yang besar.

Kekurangan arsitektur Multi tier :
·   Program aplikasi tidak bisa mengquery langsung ke database server, tetapi harus memanggil prosedur-prosedur yang telah dibuat dan disimpan pada middle-tier.
·   Lebih mahal


B.   STAND ALONE (Aplikasi)
Istilah aplikasi Standalone diartikan sebagai aplikasi yang dijalankan tanpa perlu dilakukan instalasi terlebih dulu. Beberapa publisher perangkat lunak sengaja merancang aplikasi yang bekerja Standalone. Beberapa publisher ada pula yang menyediakan versi khusus untuk bekerja secara ‘Standalone’. Selain lebih praktis, mampu bekerja secara insidensial, kemampuan aplikasi Standalone tidak kalah dengan versi penuh (full version) yang membutuhkan instalasi. Bisa bekerja secara Portable atau dapat pula digunakan sebagaimana aplikasi penuh (full version).

Walaupun demikian, pada beberapa aplikasi desktop tetap harus membutuhkan adanya koneksi via internet untuk kebutuhan lain-lain. Misalnya untuk proses update atau upgrade ke versi yang lebih tinggi ataupun penggunaan dari aplikasi tersebut yang memaksa untuk dapat terhubung ke intenet. Gambar dibawah ini menunjukkan suatu aplikasi desktop yang untuk keperluan penggunaanya harus terhubung ke internet.

http://blog.binadarma.ac.id/ariezaki/wp-content/uploads/2012/11/aplikasi-stand-alone.png
Ilustrasi Aplikasi Stand Alone
http://blog.binadarma.ac.id/ariezaki/wp-content/uploads/2012/11/aplikasi-stand-alone.png

Aplikasi yang bekerja secara Standalone belum tentu disebut Portable. Istilah Portable merujuk pada manfaat untuk pendayagunaan media flash disk. Ada beberapa aplikasi Portable yang dapat bekerja secara Standalone, ada pula beberapa aplikasi Portable yang membutuhkan instalasi khusus, terutama jika difungsikan bersama aplikasi menu flash disk. Aplikasi Standalone dapat dioperasikan tanpa instalasi maupun dengan instalasi serta mampu dijalankan dari flash disk sekalipun.


1 komentar: